Kembali Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran Dengan 3 Tips

Happy Ferdian⁠⁠Kamis, 31/07/2014 10:28 WIB

Share: Twitter | Facebook | Follow Us

Communitycare

Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA- Bagi seseorang yang telah berkarir, liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, tak terkecuali ketika momen lebaran tiba.

Selain kembali merekatkan tali silahturahmi dengan sanak saudara dan handai taulan, momen Lebaran adalah waktu yang tepat untuk bertetirah sejenak melepas penat.

Namun ketika libur Lebaran telah usai, banyak orang merasa enggan untuk segera kembali menjalani rutinitas hariannya. Inilah yang disebut sebagai sindrom post-liburan dan umumnya banyak menyerang mereka yang telah berkarir.

Lalu bagaimana cara mengatasinya sehingga dapat kembali bergairah dalam berkarir? Berikut adalah tiga tips jitunya.

1. Buatlah agenda kerja

Tinjau kembali hal-hal apa yang sempat tertunda di pekerjaan Anda dan prioritaskanlah hal tersebut hingga benar-benar selesai. Selain itu, persiapkan pula hal-hal yang menjadi tujuan selanjutnya di pekerjaan yang Anda jalani, seperti target proyek kerja baru, target peningkatan karir, dan lain sebagainya.

Ketika Anda telah siap dengan agenda yang dibuat, maka beban kerja pasca liburan pun akan mudah terselesaikan karena Anda telah memiliki ‘panduan’.

2. Segera lakukan kembali rutinitas Anda

Sering kali banyak orang mengeluh lelah setelah berlibur, dan alasan tersebut membuat mereka memutuskan untuk beristirahat lebih di rumah, seperti menambah jam tidur. Harapannya adalah agar tenaga kembali terisi dan siap menjalani kembali rutinitas hariannya.

Sayangnya hal tersebut ternyata salah kaprah karena cenderung membuat tubuh lebih lemas dari biasanya. Hal terbaik yang disarankan justru menyesuaikan kembali agenda rutin Anda, seperti tidur sesuai dengan waktu biasanya dan kembali menjalani pola hidup sehat sehari-hari.

Dengan kembalinya Anda pada pola harian yang dijalani, membuat Anda kembali lebih siap untuk menjalani rutinitas pekerjaan Anda.

3. Komunikasikan resolusi kerja Anda

Tidak ada pekerjaan yang tidak membutuhkan komunikasi. Walaupun misalnya Anda adalah seorang pekerja mandiri, berhubungan dengan klien dan relasi bisnis adalah bentuk hubungan yang esensial dalam membangun serta mempertahankan kestabilan karir Anda.

Jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan dan merupakan bagian dari tim di dalamnya, maka komunikasikanlah ide-ide dan target kerja bersama.

Namun apabila Anda adalah seorang atasan, maka pompa kembali semangat anak buah Anda dan bimbing mereka dengan bentuk kepemimpinan yang kuat. Katakan dan kuatkan di dalam hati untuk menjauhi sindrom pasca-liburan dan fokus menaikkan serta mempertahankan semangat kerja Anda. (Chicagonow/Kabar24.com

Advertisements

About ratuima

Guru & Ibu Rumah Tangga, tinggal di Kedaung Ciputat
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

One Response to Kembali Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran Dengan 3 Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s